Rabu, 31 Oktober 2012

Gara-gara KTM PPB



Oleh Edi Nawang

Kelompok Tani Muda Palambon Pucuk Baguas (KTM PPB) sekarang sudah menunjukkan tajinya. Belum lama ini dikampung Loncek,Desa Teluk Bakung,Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya terbentuk lagi kelompok tani baru setelah KTBA yang di fasilitasi oleh KTM PPB. Tiada angin, tiada hujan bapak-bapak dikampung Loncek juga berinisiatif untuk membentuk kelompok tani baru. Awalnya mereka meminta KTM PPB
untuk memfasilitasi mereka rapat dan akhirnya pada tanggal 28 Oktober2012 terbentuklah Kelompok Tani Sabaya Mao’ yang artinya kelompok Tani Sama-sama Mau (KTSM) yang saat ini anggotanya berjumlah 20 orang. Ketua terpilih bapak Yohanes mengatakan “mereka juga akan membuka lahan untuk ditanami karet. Mereka sadar karet yang mereka sadap sekarang sudah tua dan lateknya juga berkurang”.
Gara-gara KTM PPB,nama kelompok tani di kampung Loncek jadi bermacam-macam. Tidak mudah untuk menjadi inspirasi bagi orang lain, apalagi anak muda yang putus sekolah. Tetapi KTM PPB mampu mematahkan kebiasaan adat Dayak Salako, dimana dulu anak-anak yang selalu belajar dengan orang tua,sekarang malah terbalik justru orang tua lah yang belajar dengan anak-anaknya.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons