Kamis, 01 November 2012

Training of Trainer untuk KTM PPB



Oleh: Edi Nawang

Satu tahun sudah Kelompok Tani Muda Palambon Pucuk Baguas (KTM PPB) terbentuk. Seiring perjalanan waktu banyak hal yang mereka lakukan untuk mencari jati diri yang sesungguhnya. Gerakan anak muda ini mampu memberikan inovasi-inovasi baru bagi warga setempat di Kampung Loncek. Kalau bukan KTM PPB siapa lagi yang mau peduli dengan kampung mereka yang sekarang sudah terkepung oleh perkebunan kelapa sawit. Melihat kondisi inilah inisiatif anak muda di Kampung Loncek mau menyelamatkan
lahan yang masih tersisa dengan membuat gerakan dan memperkuat basis. Pelatihan untuk menjadi pelatih adalah bekal bagi kelompok tani muda ini untuk bisa menjadi pelatih atau trainer baik didalam maupun diluar.  Seperti komitmen mereka yang wajib mentransfer ilmu mereka dengan orang lain. Dalam pelatihan Training of Trainer di bulan Oktober 2012 yang lalu kapasitas mereka semakin meningkat. Kepercayaan mereka mulai terbangun. Mereka jadi tahu bagaimana sikap untuk menjadi seorang pelatih. Hingga saat ini KTM PPB memfasilitasi dua kelompok tani yakni KTBA dan KTSM Loncek.
Florensius Sarjono mengatakan “ kami akan membagikan ilmu kami dengan orang lain,terutama untuk KTBA dan KTSM Loncek. Harapan kami kiranya kita yang sudah tergabung sekarang semakin maju dan mau belajar intinya”.
Awalnya mereka menyadari bahwa mereka belum punya kemampuan untuk mengorganisir orang lain, apalagi orang tua mereka yang masih kuat dengan kebiasaan lama. Saat ini barulah mereka menemukan kemampuan mereka sesuai dengan visi mereka: Kelompok Tani Muda, Inspiratif, dan sejahtera.


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons