Kamis, 04 April 2013

Menembus Pemerintahan


Oleh, Edi Nawang
Dalam melakukan aktifitas Kelompok Tani Muda Palambon Pucuk Baguas (KTM PPB) telah memainkan perannya sebagai kelompok tani yang inspiratif dan sejahtera. Seiring dengan perjalanan waktu, beberapa hal dalam hubungan kerjasama sudah mulai terbangun baik formal maupun informal. Dengan kapasitas yang didapat dari beberapa pelatihan yang pernah diikuti, KTM PPB membuktikan bahwa organisasi orang muda putus
sekolah yang baru berumur setahun terakhir itu sudah menjadi inspirasi bagi sebagian warga di kampung Loncek.

Guna meningkatkan hubungan kerjasama yang baik ditingkat Desa dan Pemerintah setempat di Kampung Loncek, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang,  Kabupaten Kubu Raya, KTM PPB belum bisa berperan secara optimal, karena belum adanya Surat Keputusan (SK)  untuk organisasi tani mereka. Untuk itu, supaya mereka semakin kuat dan sah sesuai badan hukum, perlu adannya registrasi ditingkat Pemerintahan Desa Teluk Bakung khususnya.

Dengan adanya SK organisasi Nomor 01 Tahun 2012, diharapkan bisa meningkatkan hubungan kerjasama, baik itu ditingkat Desa maupun ditingkat Pemerintahan Kabupaten bahkan Provinsi sekalipun. Tidak hanya itu, agar KTM PPB juga bisa mandiri sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang mereka miliki sebagai kelompok tani yang inspiratif dan mencintai kebudayaan lokal.
Valentinus Agip selaku Kepala Desa telah memberikan pintu peluang bagi kelompok tani anak muda ini. Dengan harapan agar KTM PPB dapat melakukan kerjasama dengan pihak –pihak terkait ditingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan tidak menutup kemungkinan juga untuk dapat menembus kerjasama di tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Agip mendukung sangat mendukung gerakan yang dibuat oleh anak muda kampung Loncek. Ia mengharapkan agar kekompakkan dalam kelompok  harus dijaga dan terus melakukan karya demi masa depan yang lebih baik.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons