Minggu, 12 Januari 2014

Konsep MOL ala KTM PPB



Oleh Edi Nawang
MOL//praktik oleh F.Sarjono (Pucuk) KTM PPB Photo.Edi Nawang
Ada tanaman pasti ada pupuk. Beberapa kali terakhir setelah banyak mendapatkan pelatihan,belajar dan diskusi bersama, anggota Kelompok Tani Muda Palambon Pucuk Baguas (KTM PPB) Loncek, Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang,Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat, mulai menemukan inovasi baru. Mikro Organisme Lokal (MOL) adalah
bagaimana membuat pupuk dengan memanfaatkan Mikro Organisme Lokal disekitar lingkungan kita. KTM PPB mulai memanfaatkan dan mengolah bahan organic menjadi pupuk cair. Hal ini mereka lakukan karena pupuk berbahan kimia harganya mahal dan juga dapat membahayakan lingkungan sekitar. “Kalau ada yang murah dan bahan-bahannya mudah didapat, kenapa harus pupuk kimia”, kata Florensius Sarjono Ketua KTM PPB sekarang saat berdiskusi dengan Laurensius Edi (fasilitator lokal) yang sudah hampir 4 tahun mendampingi KTM PPB melalui Yayasan Pemberdayaan Pefort Nusantara (YPPN) bekerjasama dengan Kemitraan dalam program PNPM Peduli.
Orang pertama yang mempratikan konsep MOL ini adalah Florensius Sarjono alias Pucuk. Ketika itu ia mendengar keluhan ibunya karena padi diladangnya tidak subur. Akhirnya ia mulai meracik labu kayu (buah maja), rebung, dan campuran bahan lainnya untuk diolah menjadi pupuk organic cair (POC).
Setelah peracikan selesai dan diendapkan selama 15 hari, Pucuk langsung mennyemprotkan pupuk hasil buatan sendiri ke ladangnya. Beberapa hari kemudian ibunya mengabari pucuk, bahwa padi diladangnya mulai subur.
Hal ini Pucuk ceritakan dengan teman-teman KTM PPB yang lain, dan sekarang mulai diikuti oleh beberapa teman KTM PPB diantaranya Januardi dan stefanus Rino yang juga berhasil membuat POC menggunakan konsep MOL.
Bahkan rencana kedepan, KTM PPB akan membuat pupuk konsep MOL dalam jumlah yang besar. Pengalaman mereka yang berhasil juga akan dibagikan kepada ibu-ibu Kelompok Tani Burukng Arue (KTBA). Karena pupuk organic cair ini sangat bagus untuk semua jenis tanaman.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons