Selasa, 11 Februari 2014

Sutradara Amerika ke Loncek

Tarian Topeng//Penyambutan rombongan Kedubes Amerika Photo by.Bosio
Tiada angin,tiada hujan. Rindu akan kehadiran orang ternama di kampung halaman sendiri tentunya menjadi harapan bagi semua orang. Minggu, (9/2) Richard Pearce(Sutradara Film dan Televisi, Sinematografer) dan Freida Mock (Sutradara, Pembuat Film, Penulis Naskah, Produser) dari Amerika datang ke Gunung Loncek, Desa Teluk Bakung, Sungai Ambawang, Kalimantan Barat. Kedatangan ini bertujuan untuk Pelatihan Pembuatan Film Dokumenter.
Richard & Freida//Pelatihan Film Dokumenter Photo by. Bosio
ard Pearce
Warga kampung Loncek pun sangat antusias menyambut kedatangan kedua sutradara itu, bahkan saat mereka datang disambut dengan tarian topeng salah satu ciri khas budaya kampung Loncek yang saat ini sudah hampir
punah ditelan jaman. Usai sesi penyambutan dilanjutkan beberapa kata sambutan dari ketua Panitia Laurensius Edi, Bapak Suryanata selaku Ketua Yayasan Pemberdayaan Pefort Nusantara (YPPN), dan Sambutan sekaligus yang membuka acara oleh Bapak Agip selaku Kepala Desa Teluk Bakung.
Pukul Gong//Agip saat membuka kegiatan Photo. Bosio
peserta yang mengikuti pelatihan tersebut adalah para remaja kampung Loncek yang saat ini tergabung dalam sebuah Kelompok Tani Muda Muda Palambon Pucuk Baguas (KTM PPB), Remaja perempuan dan ibu-ibu juga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut diatas. Kegiatan ini difasilitasi oleh YPPN bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika.
Usai makan siang, pelatihan dibagi dua sesi  yg sebelumnya adalah Pelatihan secara umum. Untuk Pemuda KTM PPB, Mr.Richard Pearce memberikan pelatihan yang bertemakan Pembuatan Film Menggunakan Smartphone  dipandu oleh Mohammad Reiza dan diskusi dengan Ibu-ibu serta remaja perempuan mendongeng (story telling) dan peranan perempuan didunia perfilman oleh Mrs.Freida Mock dipandu oleh Dewi yang juga rombongan dari Kedubes Amerika.
Usai pelatihan, Kedua sutradara beserta rombongan melaksanakan  ritual “hukum adat” menanam karet dilahan KTM PPB di Kumbang Air.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons